Senin, 12 Maret 2012

Organisasi Profesi

Etika Profesi Dan Organisasi
Etika profesi muncul karena adanya pengetahuan khusus yang didapatkan oleh seorang profesional dan bagaimana pengetahuan tersebut harus dikuasai dan digunakan ketika menyediakan pelayanan bagi masyarakat atau orang lain. Sedangkan organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah yang bertujuan untuk satu tujuan bersama. Organisasi berfungsi sebagai pembatas wewenang yang jelas dan layak untuk menghindari tumpang tindihnya kekuasaan.

Dalam hal ini, etika profesi dan organisasi sama-sama memiliki bidang kerja tersendiri atau memiliki tugas masing-masing untuk setiap subjeknya. Seperti seorang engineer atau insinyur yang ahli dalam satu bidangnya. Sarjana teknik mesin misalnya yang mengetahui banyak hal tentang mesin. Begitu pula dalam organisasi. Seorang ketua mempunyai tanggung jawab atau keahliannya tersendiri, seperti pandai berkomunikasi dengan orang lain, dapat mengorganisasikan teman kerjanya dengan baik, dapat berpikir cepat dan taktis, dan lain sebagainya.

Jika disebutkan organisasi dibentuk untuk mencapai tujuan bersama, begitu pula etika profesi seorang engineer yang berlainan. Untuk mencapai tujuan yang sama, para engineer, misalnya sarjana mesin, sarjana pertambangan dan sarjana geologi harus saling bekerja sama dalam suatu situasi dimana para engineer tersebut harus bekerja sesuai dengan bidangnya masing-masing agar tidak terjadi tumpang tindih kekuasaan dan tidak saling menyalahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar